Cara Untuk Memilih Posisi Dalam Sepak Bola

Di 3 pertandingan awal, pemain cenderung menumpuk di sisi kiri, jika menilik ke apa yang dikatakan Solksjaer dalam wawancaranya, maka ini yang dimaksud membangun tim di sekitar Pogba. Penumpukan pemain di sisi kiri akan ‘memaksa’ pemain lawan utk menambal kekurangan pemainnya. Jika ingat peluang Dalot di depan kotak penalti, itu karena kondisi seperti ini. Pertandingan ini diakhiri dengan 1 gol, namun jika kita melihat peluang lewat expected goals (xG) pertandingan ini cukup tinggi. Spurs xG 1 . 80 vs 0. 96 United xG. Artinya pertandingan ini melahirkan banyak peluang yang seharusnya banyak yang bisa dikonversi menjadi gol oleh kedua tim.

Hal ini karena kedua tim bermain sama-sama menyerang meski United di menit 73 (saat Lukaku masuk) bermain dengan garis pertahanan yang rendah. Di menit 73 Martial digantikan oleh Lukaku untuk menarik Rashford dari penyerang kanan ke sayap kiri. Tujuannya agar Rashford membantu Shaw dalam mengamankan sisi kiri pertahanan. Pochettino tidak selalu menutup celah yang ditinggalkan 2 FB ini saat maju depan. Setidaknya di babak pertama, Sissoko juga kerap membantu Trippier untuk menyerang lewat sayap kanan.

Pemberian peran Lukaku yang melebar ke kanan untuk eksploitasi ruang yang ditinggal Kolasinac terbukti jitu. Meski Arsenal juga mampu mencetak gol di area tersebut, namun United memanfaatkan ruang yang ditinggalkan pemain Arsenal saat menyerang dengan baik. Bermain menyerang seperti Arsenal kemarin sangat beresiko terutama jika melawan tim yang punya kecepatan & pemain tengah yang punya range passing jauh.

Pemain sayap cenderung memiliki cukup banyak trik dan gerakan satu lawan satu untuk mengalahkan seorang pemain bertahan lawan dan melepaskan umpan atau tembakan. Bahkan, pola atau taktik yang akan digunakan juga akan berubah bila mendapatkan kesempatan dengan memperhatikan kondisi dari lawan bermain. Kolaborasi taktik yang ideal dianggap akan memberikan hasil terbaik dengan kemenangan angka atau peluang untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Apalagi setiap tim dalam olahraga ini melibatkan 11 pemain dalam satu kali pertandingan. Tentu saja dibutuhkan kerja sama tim yang baik hingga teknik menyerang dan bertahan.

Berbagai bentuk sepak bola juga bermunculan dan cepat mendapatkan popularitas seperti futsal dan sepak bola Indoor. Formasi sepak bola ini sangat cocok untuk tim yang akan mempertahankan kemenangan agar tidak kebobolan. Formasi ini lebih mengandalkan pola pertahanan yang kokoh dan sulit ditembus. Mungkin inilah formasi yang paling populer di kalangan dunia persepak bolaan.

Formasi ini cocok untuk diterapkan tim yang sedang mengalami kekalahan yang akan bermain terus menyerang karena memasang tiga pemain depan. Center bek (bek tengah) adalah posisi pemain tepat di depan kipper yang bertugas untuk menjaga wilayah pertahanan dari serangan lawan. Sehingga para pemain bek tengah memiki postur tinggi kekar untuk menghentikan serangan lawan.

Martial yang tidak melakukan trackback dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi 2 vs 1 . Di satu sisi jika kena serangan balik maka Martial tinggal berhadapan dengan CB.

Tujuannya untuk melakukan counter attack terarah & cepat seperti United melakukannya di pertandingan ini. Sepakbola adalah olahraga yang dimainkan dengan 11 pemain per tim di lapangan persegi panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *